Sanada Maru episode 12 - Subtitle Indonesia

Diposkan oleh: Admin | Dirilis pada: 7:00 AM | Episode lainnya:

Sinopsis

Sanada Yukimura (1567 – 3 Juni 1615) adalah samurai Jepang, anak kedua dari daimyo Sanada Masayuki pada masa perang saudara/periode Sengoku yang mengabdi pada klan Takeda. Nama lainnya adalah Sanada Nobushige (真田 信繁?) mengikuti nama adik Takeda Shingen, Takeda Nobushige yang adalah seorang prajurit yang berani dan terhormat. Tahun 1582, aliansi Oda Nobunaga dan Tokugawa Ieyasu menghancurkan klan Takeda sehingga klan Sanada pun menyerah pada Oda Nobunaga. Namun setelah Nobunaga terbunuh dalam Insiden Honouji, klan Sanada menjadi independen tanpa tuan. Mereka berturut-turut mengabdi pada klan-klan kuat pada masa itu seperti Uesugi, Hojo, dan Tokugawa. Tahun 1585, Yukimura dikirim sebagai sandera untuk klan Uesugi oleh ayahnya.

Catatan Penerjemah

Mungkin dari sekian penikmat drama sejarah yang berjudul Sanada Maru ini bertanya-tanya...

1. Kenapa bahasanya nggak konsisten sih? Pakai aku dan anda? Kenapa bukan saya dan anda?

Ini karena penerjemahnya nggak suka formalitas, termasuk di dunia nyata. Di sini penerjemahnya menggunakan kata ganti anda untuk memberi kesan hormat kepada sang penguasa. Tetapi penerjemah lebih suka menggunakan kanta ganti aku untuk menunjuk diri sendiri karena terkesan tidak kaku.

2. Kenapa ada penyebutan Sang Tuan/Tuan dan Yang Mulia? Kenapa nggak konsisten begitu?

Nah ini yang penerjemah (sempat) bingungkan. Namun, setelah mengerti perbedaan kata -dono, -sama, dan -oyakatasama, penerjemah jadi mengerti bedanya. Khusus untuk Masayuki, penerjemah nggak mau menggantinya dengan Yang Mulia, karena Masayuki terkesan akrab dengan kerabat-kerabatnya. Jadi untuk memberi kesan tidak kaku, penerjemah menggunakan kata ganti tuan untuk Masayuki.

3. Sedang liburan 'kan min? Kenapa nggak apdet tiap hari atau tiga kali seminggu?

Pengennya sih dua kali seminggu, tetapi demi kelanjutan dan istiqomah penerjemah mengerjakan drama berepisode panjang ini, akhirnya tetap dirilis satu kali seminggu. Takutnya kalau nanti dikerjakan lalu dirilis dua kali atau tiga kali seminggu, penerjemahnya kecapekan dan akhirnya malas lalu vakum (lagi) deh.

4. Min, gambarnya jelek.

Nah, kami sudah menyediakan link-link di bawah. Untuk hardsub, kami menyediakannya untuk para pencari versi hemat kuota. Tetapi kualitas masih cukup baik. Untuk yang kurang puas dengan versi hemat, silakan download versi RAW 480p atau 720p di kumpulbagi dengan kata kunci Sanada Maru.

5. Ini bukan terjemahan Google Translate 'kan?

Tentu saja bukan. Semua karya penerjemah yang dipamerkan di Whiteshiro asli terjemahan manual. Itupun bukan sekadar menerjemahkan lho. Penerjemah memperhatikan ejaan bahasa Indonesia yang benar, kecuali untuk beberapa kata yang memang disengaja disesuaikan dengan percakapan sehari-hari kita. Setelah diterjemahkan, harus dicek lagi untuk menyesuaikan konteks antardialog. Jadi terjemahan yang dihasilkan pun tidak terkesan kaku dan membingungkan.

Nah, silakan unduh episode 12 ini... :D


*Softsub kemungkinan tidak cocok dengan video 720p

Admin's Note

Tolong berkomentar setelah atau sebelum download file dari kami. Komentar kalian sangat membantu proses pengerjaan subtitle :)
My Blogger TricksAll Blogger TricksLatest Tips and Tricks
Whiteshiro - © 2015, All rights reserved. Template: Fansublogger | Designed by WhiteTsu